Lomba E-Novela 2014
Lomba Karya Mini-Novel Percintaan
Berformat EPUB (Standar e-Book)

Note: Lomba Ini Diperpanjang. Dijalankan Ulang, Berlaku Juga Untuk 2015

Latar Belakang & Permintaan Maaf

Dulu saat ilmuiman.net didirikan, nun September 2007,.. kami janji, akan senantiasa menerima kontribusi dari anda sekalian, komunitas penulis. Tapi, dari awal sudah ada masalah. Pertama: waktu itu, anggaran terbatas. Kedua: waktu untuk memproses juga terbatas (karena saya ngurus ilmuiman part-timely, dan nyari editor full-time gak dapet-dapet). Waktu berlalu. Di tempat saya kerja full-time, tahun 2012 saya tahu-tahu dapat amanah pekerjaan yang lebih menyita waktu dan pikiran. Akibatnya, selama 2012-2013, kami tidak banyak bisa memproses karya baru, yang banyak dilakukan hanyalah re-cycle dan re-package dari karya-karya yang sudah setengah mateng di arsip ilmuiman.net. Untung persediaan banyak. Untuk itu, saya mohon maaf sebesar-besarnya.

Masuk 2014. Makin tidak punya waktu.. akan tetapi... Lha, kalau Srimulat, setelah akan tetapi itu tidak diselesaikan. Tapi ini bukan Srimulat. Hehehe... Walau tidak punya waktu, alhamdulillah punya dana! Nah, jadi, kenapa tidak bikin lomba lagi, tetapi hanya menerima 'naskah matang'? Inilah makanya sekarang meluncur kembali (setelah terakhir 2011), lomba e-novela khas ilmuiman.net. Khusus menerima 'naskah matang'. Jadi, kalo masih belepetan perlu diedit,.. reject. Kebetulan sekarang jaman gadget (small-screen, layar-imut), maka amat pas kalo lombanya lomba bikin ebook berformat epub.

Hadiah & Target Lomba

Mohon maaf (lagi), hadiah atau honor e-novela tidaklah extravaganza. Per e-novela tayang.. akan diappresiasi Rp.120 ribu saja (atau 4.8-Bronze atau 3-gold dalam standar ilmuiman).

Target pemenang: setidaknya 100-karya. Jadi, total hadiahnya akan no-less than 120x100rb = Rp.12jt. Not bad kan untuk self-sponsored site? Banyak yang menang, tapi tiap pemenang dapetnya segitulah. Kurang lebih semangatnya seperti itu. Dengan bayaran itu, adalah semacam appresiasi dan kompensasi agar ilmuiman bisa menempeli 'iklan' di karya para pemenang, dan ilmuiman jadi berhak menayang karya para pemenang secara online.

Catatan: Sponsors are welcome. Kalau ada yang mau mensponsori lomba ini, insya Allah tidak akan ditolak. Terms & conditions bisa dirundingkan, 'iklan' dari sponsor akan muncul di karya-karya pemenang. Dengan sendirinya, kalau ada sponsor, maka e-novela yang tayang/menang bisa berlipat ganda, lebih dari sekedar 100.

Menarikkah? Silakan diukur sendiri, kalau karya anda adalah novela terbaik di dunia, mungkin anda pikir layak dapat lebih dari itu, ya sudah, berarti bukan untuk dikirim ke sini. In short ini adalah:

Lomba e-Novela 2014
Untuk Bacaan Online Di Komputer & Gadget
Berhadiah Total Rp.12jt* (Bisa Lebih)
Akan Ada Minimal 100 Karya Pemenang (Bisa Lebih)

Karya ditunggu sepanjang 2014. Yang memenuhi syarat, langsung ditayang, dan langsung dibayar honor tak lama setelah tayang. Redaksi akan menayangkan (sesuai suka-sukanya, dan sesuai kelonggaran waktu) setelah novel diterima (accepted), tidak menunggu tahun 2015 (kelamaan!). Siapa cepat, dia dapat. Selain kecepatan masuknya karya, yang lebih menentukan adalah kualitas karya. Keputusan redaksi/juri mutlak, tidak dapat diganggu gugat. Korespondensi cuma dijawab kalo sempat (nggak janji). Lomba ditutup, either kalau tahun 2014 sudah habis, atau karya sudah melampaui 100 karya (dan tidak ada alokasi anggaran lagi). Dalam hal karya sudah 100, tapi anggaran tersedia lagi (rejeki bisa dari mana saja, toh?), insya Allah akan ada pengumuman perpanjangan.

Bismillah, ilmuiman.net ingin menjadi penyedia ebook paling disukai para pemakai gadget Indonesia. Insya Allah, tahun 2014 mestinya bisa tembus minimal 200 ebook, kebanyakannya e-novela. Silakan saja cek di Kanal e-Book kita.

Syarat-syarat Teknis Naskah

(1) Naskah adalah 'e-novela'. Yaitu cerita fiksi bertema percintaan (romance), tidak benar-benar novel (karena novel full-size itu bakalan tidak nyaman untuk dibaca online), tapi lebih menyerupai mini-novel atau cerpen panjang. Batasan tentang tema lebih lanjut, silakan baca terus tulisan ini.

(2) Naskah adalah 'karya matang' berformat epub (standar format untuk ebook). Tentang format EPUB yang biasa jadi standar ebook bisa dibaca di sini (klik). Tentang naskah matang, di bawah akan dijelaskan lagi. Apakah boleh dalam format lain? TIDAK. Siapa yang mau ngedit-nya? Gak ada.

(3) Panjang Naskah sekitar 12-25 halaman (kalau diprint di A4 standar MSWORD). Bila lebih dari 25 halaman, silakan di-split. Jadi bagian 1, bagian 2, seterusnya (honornya jadi berlipat ganda, otherwise, rugi sendiri. Berapapun panjangnya, per epub honornya fixed 120rb). Kalau 16 halaman, mau dijadiin 2 ebook, itu boleh juga, atau 24 halaman mau dijadiin 3. Beware: karya yang terlalu panjang (even bagus) meriksanya bakalan nyapekin, belum tentu redaksinya ada waktu. Naskah jangan 'monolitik' seperti cerpen simpel (lempeng lurus tanpa jeda), melainkan mesti terbagi menjadi beberapa 'sections' selayaknya novel mini. (Contoh bisa dilihat di kanal ebook ilmuiman). Kalau kurang dari itu gimana? Kalo kurang dikit, asal bagus kualitasnya, masih akan dipertimbangkan untuk tayang. Tapi: kalo pendek banget, maaf, pasti direject.

Syarat-syarat Lomba Lainnya

(1) Legally harus clear. Boleh karya tayang-ulang (pernah tayang di tempat lain), asal dari penulis yang masih punya hak untuk menayang-ulang. Penulis yang mengirim naskah harus memiliki hak atas kirimannya itu. Segala akibat dari penyalahgunaan atau pelanggaran hak, sepenuhnya tanggung jawab penulis/pengirim. Andai penulis mengirim karya ber-cover,.. kalau covernya pake model 'manusia sungguhan' atau suatu mengandung karya cipta intelektual, mesti seijin yang bersangkutan. Bersamaan dengan pengiriman naskah, tidak ada pelanggaran hukumnyalah pokoknya.

(2) Penulis mesti kredibel. Lomba berlaku untuk penulis Indonesia atau penulis asing yang bisa berbahasa Indonesia. Nulisnya kolaborasi juga boleh, tidak mesti satu orang. Tiap penulis (atau tim penulis) mesti punya email address yang konsisten, cukup umur (dan punya rekening bank di Indonesia untuk nanti menampung honornya), dan boleh mengirimkan novela lebih dari satu (banyak juga boleh). Penulis/kontributor ilmuiman yang sudah terdaftar (dan kami tahu tulisannya oke punya) akan diprioritaskan untuk dievaluasi duluan, as always.

(3) Karya dikirim via email dalam format EPUB siap tayang. Nama file .epub-nya yang menjadi lampiran, harus menyiratkan judul karya. Satu email, boleh beberapa karya sekaligus, harus menjelaskan identitas pengirim/penulis dan juga menyebutkan nomor rekening penampung honornya. Email dikirimkan ke Redaki-ilmuiman sawibisono@yahoo.com dengan subject "LOMBA e-NOVELA 2014: QQQ" (dimana QQQ adalah judul novela, atau tanpa judul novela juga bolehlah).

Catatan Tambahan: Mengenai Tema & Batasan Isi

Semua karya di ilmuiman mesti mempromosikan keluhuran budi atau akhlak yang baik; dan untuk cerita fiksi, walaupun tidak mesti happy ending, ilmuiman.net lebih suka "sweet story" yang menyiarkan optimisme. Di luar itu, kalau memang tulisannya bagus bener, akan ditayangkan juga, tapi nggak janji.

Tema utama di kanal fiksi ilmuiman adalah cerita percintaan atau romance, karena kami meyakini itulah yang 'gak ada matinye' untuk dunia pop. Kalau bisa dibikin lucu, itu top banget. Tapi kalau lucunya nanggung, garing, dan gak ada unsur dramatik-nya, waduh, maka penuangan prosanya mesti mateng bener. Otherwise, akan direject.

Kalau sifatnya heavy reading, penuh filosofi yang berat-berat, dipastikan akan di-reject. Sorry. Karena, intinya ilmuiman adalah easy reading, casual reading.

Kebanyakan pembaca ilmuiman adalah orang dewasa (mahasiswa, ke atas). Karya-karyanya, mesti layak dibaca oleh orang dewasa Indonesia terpelajar, perempuan dan laki-laki. Jadinya, karya bertema perkawinan dan tema dewasa lainnya diijinkan, dengan catatan: tidak boleh promoting pengawuran atau kehidupan ugal-ugalan, tidak mengandung makian kasar (even bahasa Inggris kasar juga tidak boleh), tidak vulgar, tidak menista/mencela orang/golongan tertentu, dan tidak bersifat melanggar hukum (baik isinya, maupun sifat naskahnya; bajakan, plagiat, milik orang lain diaku tanpa hak, dan sebagainya, itu tidak boleh).

Bahasa, adalah selayaknya bahasa blog: boleh menggunakan bahasa Inggris, Jawa, Sunda, bahasa Indonesia baku, atau bahasa Indonesia sehari-hari. Atau campuran dari kesemuanya itu. Bahasa Sunda atau Jawa, tidak boleh 'bahasa ketoprak' yang tidak 'ngepop'. Tidak pakai bahasa alay. Mohon maklum, bahasa yang tidak/sulit dimengerti oleh redaksi, maka karyanya akan di-reject.

Catatan Tambahan: Mengenai Naskah Matang

Disebutkan di atas, naskah yang diterima harus 'karya matang', maksudnya adalah:

(1) Tata ketiknya harus rapih dan standar. Tidak boleh suka-suka (misalnya: tanda kutip ngambang sendirian di antara spasi,.. gak nempel siapapun ke kiri dan ke kanan,.. gitu aja udah gak boleh. Apalagi lebih parah dari itu). Ada typo-error dikit-dikit, mungkin masih ditolerir. Manusia gak ada yang sempurna, kan? Buku mahal aja ada typo-error-nya. Kalau tidak rapih. Belepetan. DIPASTIKAN: akan direject. Referensi standar EYD, ada di kanal ebook ilmuiman bisa dirujuk.

(2) Harus cerpen atau novel (by nature). Mesti jelas konteks, tokoh, dan konfliknya, dan ada unsur dramatiknya. Tidak boleh sekedar outline. Apalagi kalo nyata-nyata sekedar tulisan jurnalistik atau report. Itu pasti direject. Diasumsikan fiksi, tapi boleh terinspirasi kisah nyata. Kirim daftar belanjaan, katalog produk, dan blekethekan lainnya itu juga jangan. Di sisi lain, mengirim bukan cerita yang sinambung, melainkan semacam kumpulan cerpen (tidak saling bersambung), itu boleh. Di judulnya mesti disebutkan sebagai: Kumpulan Cerpen. Kumpulan puisi maaf saya tidak diterima. Fokus kami prosa.

(3) Boleh bersambung dan multiple. Penulis boleh mengirim banyak karya. Boleh bersambung, boleh juga tidak. Kalau bersambung (atau banyak karya), mesti diingat: seri-1-nya mesti bagus. Otherwise, kalau seri-1-nya di-reject, otomatis sambungannya gak akan dibaca lagi semua. Cerita bersambung, tidak mesti linier (bagian 1, 2, 3, selesai), boleh non-linier. Misalnya: bagian 1, terus 2-nya bisa 2A atau 2B (ada dua skenario, seperti yang di ilmuiman umumnya).

(4) Sebagai ebook harus utuh (berformat epub). Oleh redaksi, nanti kemungkinan akan ditambahi halaman iklan, dan/atau kemungkinan cover-nya diubah. Artistiknya disesuaikan oleh redaksi, ditambahi logo ilmuiman, dan seterusnya, tetapi dalam hal-hal lainnya, tidak akan diapa-apain. Jangan berpikir makin fancy, makin besar kans-menangnya. Sebaliknya, makin plain/polos, justru itu yang diinginkan karena itulah yang most likely bisa diakomodir oleh gadget yang jenisnya 1001.

Selamat berkarya. Kami mengundang kontribusi anda. Doa kami mengiringi. Semoga semua kita dikaruniai kebaikan dan kebahagiaan. Terima kasih, wassalam,

Bandung, 30 Maret 2014, Redaksi ilmuiman.net, AsliYW.